Mengenal jenis kambing

Tuesday, September 5th 2017 oleh

mengenal jenis kambing

Nama Nama Jenis kambing – Baiklah kali ini sebagai partisipasi dalam pelaksanaan iedul adha yang sudah pasti kita sedang disibukan mencari jenis jenis hewan kurban terutama kambing untuk disembelih nanti pada hari raya idul adha.

Nah dalam hal ini kami akan sedikit memberikan sedikit pengetahuan dari salah satu hewan yang bisanya kita sembelih yaitu hewan kambing inilah jenis jenis hewan kurban yang saya sadur dari :http://www.kambingakikah.com

tapi sebelumnya jika sobat belum membaca artikel tentang tips memilih hewan kurban yang baik 2011 baca dulu biar lebih afdhol hehe…biar aga nyambung dengan topik nya yaitu kambaing dan penyembelihan hewan kurban.

pertama yaitu Kambing kacang. Kambing sejenis ini asal mulanya dari negri sendir yaitu indonesia tapi sekarang bisa dijumpai juga di malaysia dan filipina (bangga juga jadi orang indonesia)dan perkembangan kambing kacan ini sanagat cepat bahkan usia 15-18 bulan sudah dapat menghasilkan keturunan. Kambing ini cocok digunakan sebagai penghasil daging dan kulit dan sesuai dengan namanya kambing kacang relatif kecil.kambing kacang sering melahirkan keturunan kembar dan tahan terhadap cuaca apapun sesuai dengan karateristik indonesia bulunya juga ralarif kecoklat coklatan dengan ukuran bulu yang pendek

kedua Kambing Peranakan Ettawa atau di singakat menjadi “PE” kambing ettawa (dariIndia) dengan kambing sasal indonesia atau kambing kacang Kambing PE biasanya suka dimanfaatkan sebagai penghasil daging dan susu .secara umum Penampilan kambing PE mirip dengan kambing ettawa, tapi bedanya perawakan tubuhnya lebih kecil. mirip kambing kacang disebut bligon atau jawarandu,yang merupakan tipe pedaging.Karakteristik kambing PE, antara lain bentuk muka cembung melengkung dan dagu berjanggut, terdapat gelambir di bawah leher yang tumbuh dari sudut janggut, telinga panjang, lembek, menggantung, dan ujungnya agak berlipat, ujung tanduk agak melengkung, tubuh tinggi, pipih, bentuk garis punggung mengombak ke belakang sedangkan bulu tumbuh panjang di bagian leher, pundak, punggung, dan paha. Bulu paha panjang dan tebal.

ketiga Kambing Gembrong

kambing ini adalah kambing keturuana angora yang sudah menjadi ras tersendiri di Bali. Kambing ini berwarna putih,dan yang unik dari kambing ini yaitu sijantan dan betinanya bertanduk, dan telinga rebah, dan bulunya lebat dan panjang (terkenal dengan istilah mohar).

Berat kambing gembrong bisa mencapai 32-45 kg/ekor. Pemeliharaan dilakukan semi-intensif dengan melepasnya di pekarangan dan malam hari tidur di kandang.

keempat Kambing Anglo Nubian

antara hasilkambingmmerupakan=”” pe=”” persilangan=”” Kambing anglo nubian berasal dari daerah Nubia di Timur Laut Afrika. Ciri-ciri kambing ini yaitu bobot tubuh cukup besar, telinga menggantung, dan ambing besar. Bulunya berwarna hitam, merah, cokelat, putih, atau kombinasi warna-warna tersebut. Bobot badan kambing jantan mencapai 90 kg dan kambing betina 70 kg. Produksi susu 700 kg per periode laktasi.

Terakhir Kambing BoerKambing boer berasal dari Afrika Selatan dan telah masuk ke Indonesia sejak 65 tahun lalu. Kambing boer adalah kambing pedaging terbaik di dunia. Pada umur 5-6 bulan, berat badan kambing ini sudah mencapai 35-45 kg dan sudah siap untuk dipasarkan. Namun, jika dibiarkan sampai usia dewasa (2-3 tahun), bobot badan kambing jantan bisa mencapai 120 kg.

Demikianlah sebagian jenis jenis kambing yang ada didunia semoga bisa bermanfaat bagi kita semua yang sedang mencari info tentang hewan kambing baik untuk berkurban pada hari idul adha ini ataupun untuk ternak.

  1. »
  2. »
  3. Mengenal jenis kambing
Bagikan :
NavakaShop Logo
Tetap Update! Like » Facebook Fans Page « untuk selalu mendapatkan berita menarik dan info produk terbaru dari kami

DamarAji - Catatan harian DamarAji
©2017 DamarAji