Mengenal pemrograman dan bahasa pemrograman

Tuesday, September 5th 2017 oleh

Apasih yang di maksud Pemrograman?? Pemrograman adalah suatu proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini juga ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman yaitu untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Namun pemrograman banyak diartikan dalam sebuah seni menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

Kemudian apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Dan pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan tiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi waktu berjalan (run time), atau memori.

Kata Lain Dari Pengertian Pemrograman
Pemrograman adalah bahasa yang mengubah suatu masalah yang dapat dimengerti oleh komputer dan dapat dipecahkan oleh komputer.

Pemrograman adalah suatu bahan yang banyak sering digunakan di berbagai kompetisi komputer di Indonesia maupun dunia. Dalam tingkat SMA, contohnya, pemrograman dipertandingkan dalam suatu perlombaan Olimpiade Sains Nasional setiap tahunnya. Ketigapuluh peraih medali di Olimpiade Sains Nasional ini kemudian menjadi Tim Olimpiade Komputer Indonesia, dan menempuh Pelatihan Nasional yang menyeleksi empat orang wakil untuk mengikuti Olimpiade Sains Internasional bidang Informasi (International Olympiad in Informatics) yang diadakan pada setiap tahunnya.

Penjelasan Mengenai Bahasa Pemrograman
Adapun bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda (disebut paradigma pemrograman). Suatu pilihan bahasa yang digunakan adalah tunduk pada banyak pertimbangan, seperti kebijakan perusahaan, kesesuaian untuk tugas, ketersediaan pihak ketiga paket, atau keinginan individu nya. Idealnya, bahasa pemrograman yang paling cocok untuk tugas yang dihadapi akan dipilih. Trade-off dari ideal ini melibatkan cukup menemukan programmer yang tahu bahasa untuk membangun sebuah tim, sehingga ketersediaan compiler untuk bahasa, dan efisiensi dengan program-program yang ditulis dalam bahasa tertentu mengeksekusi.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang di gunakan untuk seorang programmer, sebagai berikut:

Assembly

Ada

Basic

C atau C++

C#

Cobol

Java

Fortran

Clipper

Pascal

Visual Basic

Dikalangan ini sudah banyak bahasa komputer yang menyediakan mekanisme untuk memanggil fungsi yang disediakan oleh perpustakaan. Menyediakan fungsi-fungsi di perpustakaan mengikuti konvensi runtime yang sesuai (misalnya, metode lewat argumen), maka fungsi-fungsi tersebut ini dapat ditulis dalam bahasa lainnya.

Istilah lain dalam bahasa pemrograman merujuk pada intruksi-intruksi (sintaks) yang digunakan untuk membuat suatu program. Di era modern ini, terdapat beberapa bahasa pemrograman seperti Pascal, , C/C++, dan Basic

  1. »
  2. »
  3. Mengenal pemrograman dan bahasa pemrograman
Bagikan :
NavakaShop Logo
Tetap Update! Like » Facebook Fans Page « untuk selalu mendapatkan berita menarik dan info produk terbaru dari kami

Topik : mengenal pemrograman
DamarAji - Catatan harian DamarAji
©2017 DamarAji